Perbedaan iPhone 6 dan 6S Yang Jarang Orang Ketahui Saat Ini

Sudah cukup lama pabrikan Apple merilis smartphone bertajuk iPhone 6S dan 6S Plus. Banyak yang ingin tahu bagaimana perbedaan spesifikasi kedua ponsel tersebut dibanding pendahulunya. Di artikel ini kami membahas perbedaan iPhone 6 dan 6S serta 6S Plus.

Baca Juga : Daftar Harga Hp Smartphone Gaming Terbaik Mulai 1 Jutaan

Sebelum menentukan mana ponsel yang mau dibeli, usahakan tahu spesifikasi dan perbedaannya terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tahu mana yang lebih bagus dan sesuai dengan kebutuhan. iPhone 6 vs 6S, mana yang lebih bagus? Simak penjelasannya berikut.

iPhone 6 vs iPhone 6S, Mana Yang Lebih Unggul? Simak Perbedaannya Berikut

iPhone 6 vs iPhone 6S

Meski punya dimensi yang hampir sama, iPhone 6 dan iPhone 6S memiliki perbedaan yang membuat keduanya tidak sama. Di mana ada peningkatan performa dan fitur yang membuat kedua ponsel sangat berbeda.

Perbedaan keduanya harus kamu tahu jika suatu saat ingin membeli salah satu smartphone andalan Apple tersebut. Nah, agar tahu mana yang lebih unggul, simak beda iPhone 6 dan 6S berikut :

Dimensi

Dilihat dari dimensinya, baik iPhone 6 dan juga 6S sangat sulit untuk dibedakan. Kedua iPhone punya bentuk yang mewah dan stylish sehingga kesan elegan muncul dari kedua ponsel ini.

Kendati demikian, kamu bisa merasakan perbedaan antara iPhone 6 serta 6S saat memegang ponsel tersebut. iPhone 6 dibenamkan dimensi berukuran 138.1 mm X 67 mm yang punya ketebalan 9.7 mm.

Sedangkan untuk beratnya berbobot 129 gram. Ukuran iPhone 6S juga tak jauh beda dari pendahulunya tersebut. iPhone ini berdimensi 138.3 mm X 67.1 mm dengan bobot 143 gram.

Dari sisi layar, kedua ponsel tidak ada perbedaan. Kedua ponsel dibenamkan layar LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan 16 juta warna sehingga tampilan layar sangat menonjol.

Ukuran layar kedua ponsel juga sama yakni 4,7 inci. Hanya saja untuk iPhone 6s sudah mengantongi fitur 3D touch. Ini perbedaan iPhone 6 dan 6 Plus yang sangat terlihat.

Bagi yang belum tahu, fitur 3D Touch adalah fitur yang menyediakan tingkatan sentuhan yang berbeda. Kamu bisa menyentuh perlahan atau kencang untuk menikmati fungsi yang berbeda.

Dari bagian body, kedua ponsel juga ada perbedaan yang bisa kamu lihat di bagian casing. Di mana casing belakang iPhone 6 memiliki tulisan iPhone tanpa ada tambahan.

Baca Juga :  5 Aplikasi untuk Mencatat Orderan Terbaik Mudahkan Bisnis

Hal tersebut berbeda dengan iPhone 6S yang mana ada tulisan iPhone dengan tambahan S yang agak kecil di bagian bawah di dalam kotak kecil.

Prosesor

Beda iPhone 6 dan 6S lain yang dapat kamu lihat ada di bagian prosesor yang dibenamkan di kedua ponsel. iPhone 6 berbekal iOS 8 dengan tenaga chipset A8 64-bit dual-core 1,4 GHz.

Di bagian kartu gratis mengandalkan PowerVR GT6450. Untuk iPhone 6S sudah mengandalkan iOS 9 dengan A9 64-bit dual core 1,84 GHz.

Belum lagi, iPhone 6S sudah mengandalkan kartu grafis GPU PowerVR GT7600. Dilihat dari prosesor yang dibenamkan, jelas iPhone 6S lebih unggul dibanding pendahulunya tersebut.

Bahkan pihak Apple mengklaim jika A9 memiliki kecepatan yang lebih cepat dibanding A8. Bukan hanya itu, apa bedanya iPhone 6 dan 6S juga bisa dilihat dari kapasitas RAM.

iPhone 6 hanya dibekali RAM 1GB saja. Berbeda dengan iPhone 6S yang sudah dibenami kapasitas RAM hingga 2GB. Dilihat dari kedua aspek tersebut, sudah jelas jika iPhone 6S jauh lebih bagus.

Kamera

Dari kamera yang dibenamkan, kedua kamera ponsel iPhone ini memiliki perbedaan yang lumayan menonjol. Kedua ponsel mengantongi kualitas kamera yang sangat berbeda.

Spesifikasi IP6 dari sisi kamera, ponsel sudah ditanami kamera utama dengan resolusi 8 MP yang berteknologi aperture F2/2 dengan lensa 22 mm. Untuk bagian kamera depan, ponsel memiliki kamera beresolusi 1.2 MP.

Hal tersebut jauh beda dengan kamera utama yang dimiliki iPhone 6S yang sudah beresolusi 12 MP dengan teknologi aperture F2/2, 5 element lens dan juga True Tone flash yang mampu merekam video 4K.

Bagian kamera depan sudah ditingkatkan menjadi 5 MP. Fitur kamera dua ponsel tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya kamera 6S dilengkapi dengan live Photos yang mampu menyimpan gambar dengan suara.

Kamera yang berbeda juga pasti berpengaruh pada kualitas hasil video yang didapat kedua kamera. Dapat dilihat dari bagian spesifikasi iPhone 6 dan 6S yang akan kita bahas kali ini.

Untuk iPhone 6 dukungan pengambilan video masih sangat terbatas karena hanya mampu mengambil video berkualitas 1080p@60fps dan 720p@240fps.

Hal ini berbeda dengan iPhone 6S yang mampu mengambil video dengan kualitas 2160p@30fps, 720p@240fps, 1080p@120fps dan 1080p@60fps.

Baca Juga :  Aplikasi CCTV Terbaik Yang Banyak Digunakan Oleh Pengguna Android & iOS

Baterai

Bagi yang masih bingung ingin menggunakan iPhone 6 atau 6S bisa melihat perbedaan kedua ponsel dari segi baterai. iPhone 6 sudah dibekali dengan baterai yang kualitasnya sangat bagus.

Pasalnya, iPhone 6 dimodali baterai bertipe Non removable Li-Po yang berkapasitas 1810 mAh. Jadi, kamu bisa lebih puas menggunakan ponsel untuk segala aktivitas.

Sayangnya untuk ponsel iPhone 6S malah mengalami penurunan yang lumayan signifikan. Pasalnya hanya mengandalkan baterai dengan kapasitas 1710 mAh saja.

Memang agak mengecewakan. Mengingat seharusnya 6S memiliki peningkatan yang jauh lebih bagus dari iPhone 6.

Tapi tenang saja meskipun ada perbedaan iPhone 6 dan 6S tersebut, ponsel masih dibekali dengan fast charging yang lumayan membantu. Jadi, kamu tak perlu menunggu waktu lama untuk daya baterai penuh.

Fitur dukungan

Dilihat dari fitur dukungan yang kedua ponsel miliki, ada juga perbedaan yang perlu kamu perhatikan. Perbedaan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus di sini juga lumayan menonjol.

Jadi akan memudahkan kalian untuk menentukan mana ponsel terbaik yang ingin digunakan dari keduanya.

Berdasarkan iPhone 6S review Indonesia yang kami dapatkan, iPhone 6S memiliki dukungan koneksi internet yang lebih unggul dibanding generasi sebelumnya.

Mengandalkan teknologi LTE band 23 LTE, membuat iPhone 6S memiliki konektivitas internet dua kali lebih bagus dibanding iPhone 6S.

Bukan hanya itu, teknologi tersebut membuat WiFi yang dibenamkan di sini juga lebih cepat. Jadi kamu bisa menikmati berinternet ria tanpa ada gangguan sedikitpun. Menarik bukan?

Pilihan warna

Bagi yang ingin tahu perbedaan iPhone 6 Plus dengan iPhone 6S plus lebih dalam, jawabannya ada pada bagian warna yang disediakan di market.

Pilihan warna iPhone 6 ada tiga yakni Gold, Silver dan Space Gray. Hal tersebut berbeda dengan iPhone 6S  yang varian warnanya lebih banyak.

Kamu bisa memilih empat pilihan warna berbeda yang tentunya bisa disesuaikan dengan selera. Warna yang diberikan di iPhone 6S adalah Gold, Silver, Space Gray dan Rose Gold.

Melihat perbedaan iPhone 6 Plus dan 6S Plus yang sudah kami bahas di awal, menurutmu mana yang paling unggul? Setiap orang punya pendapat berbeda-beda. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan budget saja.