5 Aplikasi untuk Menulis Online, Jadi Penulis Tanpa Ribet

Semua hal kini serba instan dan online karena dukungan teknologi yang memudahkan dalam berbagai aktivitas. Mulai dari aplikasi berbelanja hingga aplikasi untuk menulis. Semua itu bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Sehingga untuk Anda yang menyukai kegiatan menulis kini tidak perlu lagi ribet jika ingin menyimpan naskah hasil karya Anda.

Aplikasi untuk Menulis Online
Pixabay.com

Aplikasi untuk Menulis Online, Jadi Penulis Tanpa Ribet

Anda hanya perlu mendownload aplikasi pendukung menulis ini dalam gadget dan Anda sudah bisa langsung menulis di mana saja dan kapanpun berada. Untuk Anda yang ingin tahu aplikasi apa sajakah, berikut ini sejumlah aplikasi untuk membantu dan memudahkan Anda untuk menjadi penulis.

JotterPad

Aplikasi JotterPad cocok untuk digunakan para penulis yang ingin menulis puisi, novel, lirik lagu, bahkan bisa juga artikel. JotterPad memiliki banyak format tulisan, mulai dari pdf, txt, docx, bahkan markdown. Aplikasi ini memiliki desain yang user-friendly, sehingga bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja.

Karena itu aplikasi ini juga mudah untuk digunakan. JotterPad memiliki banyak font tulisan yang bisa Anda pilih sesuai kemauan dan enak dibaca. Anda juga akan merasakan sensasi membaca secara online seperti membaca dari buku fisiknya.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kalender Online untuk Smartphone Android

Wattpad

Aplikasi untuk menulis ini sudah populer dan digunakan oleh banyak orang. Wattpad merupakan aplikasi untuk membaca atau mengirim karya tulis dalam bentuk cerita pendek, artikel, novel, puisi, atau sejenisnya. Sejak diluncurkan tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen, aplikasi ini kini sudah memiliki banyak penulis.

Bahkan diantaranya juga sudah diterbitkan dalam buku secara fisik dan berhasil menjadi best seller. Bukan hanya diterbitkan sebagai buku fisik, banyak yang juga menjadi film atau serial dari adaptasi cerita Wattpad.

Steller

Aplikasi Steller ini merupakan singkatan dari storyteller yang berarti penutur cerita atau pendongeng. Semua elemen untuk bercerita terdapat di dalam aplikasi ini, seperti teks, foto, hingga video. Aplikasi ini hadir sebagai wadah berbagai cerita.

Anda bisa menceritakan pengalaman perjalanan disertai dengan foto atau video dokumentasi pribadi. Nanti, cerita yang Anda unggah di aplikasi ini akan berbentuk seperti e-book dan tersusun rapi dari satu bab ke bab selanjutnya.

Storial

Jika Anda ingin menerbitkan buku secara indie, aplikasi ini hadir untuk membantu Anda dalam mewujudkan impian tersebut. Aplikasi ini hampir mirip dengan Wattpad. Di setiap tulisan atau cerita yang diunggah bisa disusun bab per bab. Bahkan beberapa bulan setelah diluncurkan, aplikasi ini sudah memiliki lebih dari 500 judul cerita.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Aplikasi Remote AC Untuk OPPO Terbaik di Play Store

Menariknya lagi aplikasi untuk menulis ini memiliki fitur unggulan yang dapat menghubungkan Anda dengan para penulis lainnya maupun para pembaca. Sehingga aplikasi ini memiliki komunitas menulis untuk berdiskusi, mencari inspirasi, dan lain sebagainya. Dengan tampilan desain modern, hal inilah yang menjadi kelebihan tersendiri untuk aplikasi ini.

Penana

Aplikasi ini masih tergolong baru untuk aplikasi-aplikasi lainnya. Penana menyediakan fitur menulis dan juga fitur lomba menulis rutin bernama NaNoWrimo. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah bahkan bisa langsung siap dipakai untuk menulis.

Tidak hanya itu, aplikasi ini memudahkan Anda dengan fitur trending topic untuk mencari referensi tulisan yang populer. Anda juga akan mendapatkan notifikasi dari pembaca yang berkomentar pada tulisan Anda. Sehingga aplikasi ini memiliki fitur menarik dan beragam yang bisa Anda gunakan.

Itulah beberapa aplikasi untuk menulis yang bisa Anda coba dan gunakan untuk menulis hingga menjadi penulis yang profesional