Mengenal Pengertian Aplikasi Shazam dan Kegunaannya

Aplikasi Shazam merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi lagu yang Anda dengar dan mencocokannya dengan judul lagu yang sesuai. Misalnya ketika Anda datang ke toko atau café dan mendengarkan sebuah lagu tapi tidak tahu judulnya, Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi ini sebenarnya merupakan sebuah aplikasi yang digunakan pada smartphone Apple, iPhone, iPad, Watch, atau Mac. Dengan bantuan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mendeteksi lagu dan masih banyak lagi sesuatu yang bisa Anda deteksi.

Aplikasi Shazam
unsplash.com

Apa Itu Aplikasi Shazam?

Terkadang saat mendengar lagu di kafe atau di radio, kita sering bertanya-tanya bagaimana judul lagu yang diputar saat itu. Namun, ternyata saat ini ada aplikasi bernama Shazam yang bisa digunakan untuk mengenali nama lagu yang sedang diputar.

Shazam sendiri adalah aplikasi Apple Inc. yang mengidentifikasi lagu, film, iklan, dan acara TV menggunakan sampel singkat menggunakan mikrofon ponsel cerdas. Lebih jelasnya berikut ini beberapa cara menggunakan aplikasi pendeteksi lagu satu ini yang harus Anda tahu.

Menggunakan Shazam Di iPhone atau iPad

Anda dapat menemukan lagu yang telah Anda identifikasi di aplikasi Shazam My Music lagu yang Anda kenali juga dicadangkan ke iCloud. Setelah Anda mengidentifikasi sebuah lagu, klik tombol putar di sebelah item Shazam untuk mempratinjaunya.

Baca Juga :  5 Aplikasi Chat Selain WhatsApp Bisa Anda Gunakan, Unduhan Gratis

Jika Anda berlangganan Apple Music, Anda dapat mendengarkan lagu lengkapnya di Shazam tentunya hal ini akan semakin mempermudah Anda. Anda juga dapat menyambungkan Shazam ke layanan streaming musik lain yang mendukung Shazam.

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet, aplikasi masih membuat sidik jari digital unik yang cocok dengan database Shazam saat perangkat Anda terhubung ke internet lagi. Jika lagu tersebut tidak dapat dikenali, biasanya lagu tersebut akan langsung hilang dari Shazam yang sebelumnya tertunda.

Mengidentifikasi Lagu di Pusat Kontrol

Aplikasi Shazam Dengan bantuan pengenalan musik iPhone atau iPad, Anda dapat mengenali lagu langsung dari Control Center. Guna menambahkan pengenalan musik ke dalam Pusat Kontrol, tap bagian Pengaturan lalu ke Pusat Kontrol, klik tombol Tambah di samping Pengenalan musik.

Untuk mengidentifikasi lagu, buka Pusat Kontrol, lalu klik tombol Shazam kemudian Shazam akan mulai mengidentifikasi lagu. Shazam dapat mengidentifikasi lagu yang diputar di perangkat Anda meskipun Anda menggunakan headphone.

Baca Juga :  5 Aplikasi Jual Beli Foto Online Hasilkan Keuntungan

Untuk mencari lagu yang Anda kenal, tahan menu Shazam pada Pusat Kontrol agar bisa mengakses tampilan riwayat, ketuk lagu untuk bisa membukanya di Shazam. Dan jika Anda telah menyinkronkan deteksi musik di Pusat Kontrol dengan aplikasi Shazam, lagu yang telah Anda deteksi akan muncul di bagian Musik Saya Shazam dan juga disimpan ke iCloud.

Menggunakan Shazam Otomatis

Agar Shazam secara otomatis mendeteksi lagu yang diputar di sekitar Anda, tekan dan tahan tombol Shazam. Saat Shazam Auto diaktifkan, Shazam akan mencocokkan lagu yang Anda dengarkan dengan lagu di basis data Shazam.

Meskipun Anda beralih ke aplikasi lain, apk Shazam tidak akan menyimpan lagu yang didengarkannya, ketuk atau klik tombol Shazam untuk mematikan Shazam Otomatis. Agar Shazam mendengarkan otomatis ketika Anda membuka aplikasi di iPhone atau iPad, geser ke Musik Saya dari layar utama Shazam, klik tombol Pengaturan, dan aktifkan Shazam.

Anda dapat menemukan lagu-lagu yang diidentifikasi oleh Auto Shazam di Musik Saya yang dikelompokkan berdasarkan tanggal. Jadi Anda tetap bisa menemukan lagu-lagu yang sebelumnya sudah pernah diidentifikasi oleh aplikasi Shazam.