6 Manfaat Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Mempermudah Pelayanan

Aplikasi BPJS kesehatan bisa meningkatkan kepuasan peserta dalam sebuah pelayanan administrasi serta percepatan pelayan akses secara digital. Sehingga BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan aplikasi mobile JKN-KIS. Hal tersebut adanya faktor kemajuan teknologi dengan basis aplikasi mobile. Maka membuat kantor BPJS Kesehatan tidak akan ketinggalan dalam sistem teknologi.

Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi yang telah dibuat oleh BPJS Kesehatan untuk pelayanan yang optimal bagi ara peserta JKN-KIS. Lantas apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi tersebut?

6 Manfaat Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Mempermudah Pelayanan
bpjs-kesehatan.go.id

Manfaat Aplikasi BPJS Kesehatan

Biasanya, aplikasi tersebut jarang sekali dibahas oleh orang-orang. Padahal aplikasi itu mempunyai manfaat yang banyak. Terutama, dalam memudahkan urusan yang bersangkutan dengan pelayanan kesehatan. Untuk itu, berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh.

Menyimpan Data BPJS Sekeluarga

Manfaat yang pertama yang bisa Anda dapatkan yaitu Anda bisa menyimpan data BPJS sekeluarga. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan dengan tiba-tiba., tentunya Anda tidak akan sempat terpikirkan untuk mengambil kartu BPJS dan kartu lainnya. Namun tenang saja, apabila hal tersebut terjadi, karena Anda sudah mengunduh Mobile JKN pada ponsel Anda. Caranya cukup login serta data dapat tersaji dengan cepat.

Baca Juga :  5 Aplikasi Jual Beli Foto Online Hasilkan Keuntungan

Mengubah Faskes

Untuk manfaat aplikasi BPJS Kesehatan berikutnya bisa mengubah faskes. Terutama bagi Anda yang baru saja pindah domisili atau mempersiapkan diri untuk melakukan pindah domisili. Lebih Anda juga melakukan pengubahan faskes tingkat 1, supaya sesuai dengan domisili Anda sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak akan pernah tahu kapan BPJS Kesehatan akan dipakai.

Sekarang ini untuk pindah fasilitas kesehatan tingkat 1 pada BPJS Anda tidak perlu lagi repot datang mengunjungi kantor BPJS. Anda hanya cukup melalui aplikasi Mobile JKN, serta ubah data peserta. Kemudian mengubah faskes 1 sesuai domisili Anda sekarang ini.

Cek Obat yang Ditanggung oleh BPJS

Apabila Anda ingin tahu obat apa saja yang termasuk dalam tanggungan BPJS, maka Anda bisa masuk ke akun aplikasi Mobile JKN. Anda bisa masuk ke bagian menu home beserta klik obat yang ditanggung. Nantinya di sana akan muncul sejumlah obat yang masuk dalam tanggungan oleh BPJS Kesehatan. Namun, sedikit sulit memakai fungsi search yang ada pada bagian obat ditanggung di aplikasi itu.

Pengganti Kartu BPJS

Dalam hal ini, aplikasi BPJS Kesehatan bisa menjadi pengganti kartu BPJS. Misalnya saja jika Anda mengurus kartu BPJS, Anda mendapati bahwa kantor BPJS yang berada tempat Anda kehabisan kartu. Anda mendapatkan saran untuk kembali di pertengahan tahun guna mengecek ketersediaan kartu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Aplikasi Shazam dan Kegunaannya

Dengan begitu, Anda bisa menjadikan Mobile JKN menjadi sebuah solusi. Hal tersebut dikarenakan kartu elektroniknya dapat Anda lihat melalui aplikasi tersebut Sehingga, masih tetap aman.

Tidak Memerlukan Fotocopy

Anda tidak perlu lagi membawa fotokopi kartu BPJS jika kartu Anda hilang atau pun akan menyuruh hal yang lainnya. Hal tersebut, karena fisik dapat di screenshot kemudian Anda bisa mencetaknya.

Cek Kelas BPJS Kesehatan

Dalam hal ini juga terdapat sebuah contoh ketika Anda menginstal Mobile JKN pada smartphone. Setelah melakukan pendaftaran untuk anak yang baru lahir guna masuk dalam tanggungan BPJS. Namun, yang seharusnya Anda berada di kelas 1, namun pada data di kelas 2 di BPJS Kesehatan.

Adanya masalah tersebut, Anda bisa melakukan konfirmasi kesalahan kelas ke kantor BPJS terdekat. Sehingga Anda bisa menyetorkan ulang berkas ke kantor BPS supaya bisa memperbaiki kelas BPJS Anda. Dengan Anda mendownload aplikasi BPJS Kesehatan, kemudian mencocokkan data keluarga. Maka Anda tidak perlu merugi. Dikarenakan membayar kelas 1, namun terdaftar di kelas 2.