Rekomendasi Aplikasi UMKM Yang Mempermudah Laporan Keuangan Usaha

Bagi pelaku bisnis, ada banyak sekali yang harus dikelola agar usaha bisa berjalan lancar dan berkembang. Oleh karena itu, memiliki aplikasi yang membantu kinerja anda dalam menyusun berbagai administrasi usaha tentu akan sangat membantu. Berbagai aplikasi UMKM bisa anda temukan dengan mudah di Play Store dan App Store.

Daftar aplikasi yang wajib dimiliki oleh UMKM

Daftar aplikasi ini bisa anda manfaatkan untuk mempermudah kerja anda. Beberapa aplikasi ini gratis dan bisa digunakan baik untuk ponsel android atau iOS. Berikut ulasannya.

1. BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi catatan keuangan yang dibuat khusus untuk usaha kecil menengah. Pengguna akan mendapatkan fitur-fitur yang sangat membantu seperti: catatan pembelian, pengeluaran, hutang piutang, stok produk, bahkan fitur kasir online praktis melalui ponsel.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store dengan ukuran 18 MB.

2. Teman Bisnis

Aplikasi ini berfungsi sebagai catatan keuangan usaha, mulai dari pemasukan, pengeluaran, laba dan rugi, hutang piutang sampai investasi perusahaan. Lebih enaknya lagi, aplikasi ini dibuat sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan UMKM Indonesia (SAK EMKM).

Baca Juga :  5 Aplikasi untuk Nonton Anime Legal Sudah Sub Indo Bisa Lewat HP

Bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang ilmu akuntansi, aplikasi ini sangat cocok untuk anda. Sebagai tambahan, Temanbisnis juga memiliki fitur cetak struk dan invoice sebagai bukti transaksi kepada pelanggan. Cukup lengkap fiturnya ya.

3. Google Sheets

Siapa yang menyangka aplikasi besutan raksasa di internet ini juga cocok dipakai oleh UMKM. Mencatat laporan keuangan di aplikasi ini menjadi lebih mudah karena sudah disediakan berbagai template yang mendukung.

Disini juga terdapat berbagai rumus yang bisa membantu anda dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran usaha. Seperti aplikasi berbasis data pada umumnya, Google Sheets juga memiliki fitur grafik yang mempermudah dalam membaca laporan bisnis.

4. Quickbooks

Aplikasi Quickbooks adalah aplikasi yang bisa membantu anda dalam melihat foto yang terlampir di bukti transaksi. Aplikasi UMKM yang satu ini juga memberikan info laporan penjualan, laba rugi, dan laporan pembelian.

Lebih hebatnya lagi, aplikasi ini sanggup mengelompokkan transaksi usaha sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Moodah

Moodah adalah aplikasi keuangan umkm yang memiliki fitur mencatat pemasukan dan pengeluaran, hutang piutang, serta membuat laporan penjualan dalam format Pdf atau Xlsx. Sehingga anda bisa mencetak laporan keuangan tersebut dengan mudah.

Baca Juga :  Aplikasi Game Penghasil Uang Terpopuler 2023

Aplikasi berbasis Android ini bisa diunduh melalui Google Play Store dengan ukuran yang kecil. Cukup 47 MB saja.

6. Si Apik

Si Apik adalah aplikasi pencatat keuangan sederhana yang cocok dipakai oleh pelaku UMKM. Aplikasi ini memang didesain untuk memudahkan proses membuat catatan dan laporan keuangan

Terdapat berbagai macam template untuk beragam usaha,misalnya jasa perdagangan, pertanian, dan berbagai usaha lain yang sering dijumpai di Indonesia. Selain itu, anda juga bisa mencatat kegiatan di luar transaksi jual beli, seperti setoran ke bank dan biaya modal.

Aplikasi keuangan adalah aplikasi yang membantu pengusaha dalam mengatur dan mencatat berbagai arus keuangan di usaha. Pemakaian aplikasi keuangan terbukti efektif untuk mencatat arus keuangan dengan efisien, tepat, dan akurat.

Dari seluruh aplikasi UMKM di atas, aplikasi mana yang sudah anda pakai? Semoga rekomendasi aplikasi di atas bisa membantu anda dalam mencatat arus keuangan dalam bisnis dan alokasi dana usaha bisa menjadi lebih terorganisir.