Perbedaan TikTok Lite Dengan TikTok Biasa

TikTok menjadi salah satu media sosial yang kini sedang naik daun. Nah, dalam keberjalanannya, TikTok mengeluarkan versi ringannya bernama, TikTok Lite. Secara garis besar, keduanya hadir sebagai aplikasi yang serupa dan banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan. Namun, jika Anda perhatikan, kedua versi ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan TikTok yang memiliki versi berbeda ini? Berikut pembahasannya.

Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa

TikTok banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan terutama oleh para content creator. Mereka memanfaatkan media sosial TikTok untuk berbagai macam kepentingan. Salah satunya adalah untuk mendapatkan eksposur dan bisa berkreasi dengan para followers mereka.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, muncullah versi baru bernama TikTok Lite. Berikut perbedaan antara TikTok jenis lite dengan versi biasa.

1. Dari Segi Penyimpanan dan Penggunaan Baterai

Perbedaan pertama yang perlu Anda ketahui adalah dari segi penyimpanan dan penggunaan baterai. Bisa dikatakan bahwa perbedaan satu ini merupakan perbedaan paling mencolok antara kedua versi yang kita bahas. Versi lite dari aplikasi apapun termasuk TikTok tentu memiliki ukuran file lebih kecil dan berada di kondisi yang fitur-fiturnya terdapat pengurangan.

Baca Juga :  Aplikasi Translate Foto Terbaik, Ini Beberapa Rekomendasinya

Ukuran versi lite sendiri berada di angka 30 MB. Berbeda dengan versi biasa yang berada di angka paling tidak 182 MB untuk penginstalan. Itu sebabnya versi lite cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki penyimpanan ponsel terbatas.

Sementara, dari segi baterai sendiri, kedua versi aplikasi TikTok ini hampir memiliki konsumsi baterai yang serupa sebab sama-sama digunakan untuk melakukan pemutaran video.

2. Dari Segi Antarmuka dan Waktu Loading

Selain penyimpanan dan baterai, perbedaan lain terlihat dari segi antarmuka dan waktu loading. Untuk versi biasa, Anda bisa mengakses video dengan menggunakan tombol beranda yang disebelahnya terdapat opsi cari, unggah, profil, dan notifikasi.

Sementara, pada TikTok Lite, Anda bisa menelusuri video dengan melakukan swipe ke atas dan mengunjungi produk pengunggah dengan arah swipe ke kiri. Nah, pada versi lite, membutuhkan waktu lebih lama saat hendak menelusuri video jika Anda bandingkan dengan versi biasa atau platform.

3. Logo

Perbedaan kecil bisa Anda perhatikan melalui logonya. Tiktok memiliki ikon berbentuk lingkaran dengan latar belakang berwarna hitam. Sementara, untuk versi lite, memiliki ikon persegi dengan latar belakang yang justru berwarna putih.

Baca Juga :  5 Aplikasi Notes di iPad, Microsoft OneNote hingga Google Keep

4. Opsi Pengunggahan

Selain dari beberapa hal di atas, terdapat hal lain yang membedakan antara TikTok versi platform dengan versi lite.

Secara umum, versi lite akan membuat tampilan dan fungsi menjadi lebih sederhana atau hanya mengandalkan fungsi inti dari sebuah software. Sebagaimana fitur yang hilang pada TikTok versi lite. TikTok menawarkan serangkaian suara, efek visual, hingga transisi yang mengesankan. Jika Anda menyukai video terkait, Anda bisa membentuk versi Anda sendiri dengan klik Album Art dan Record.

Namun, jika Anda hendak merekam orang-orang yang sudah membuat ulang lagu atau video tertentu, maka opsi tersebut akan hilang pada TikTok versi lite.

5. Profil dan Pengaturan

Terdapat perbedaan lain antara kedua versi TikTok yang harus Anda ketahui. Yakni dalam hal profil dan pengaturan. Pada TikTok, Anda bisa mengatur TikCode sendiri dan melakukan pengaturan lainnya seperti Block List, LivePhoto, dan sebagainya. Namun, untuk beberapa layanan tertentu pada profil dan pengaturan tidak bisa Anda jumpai di TikTok versi lite.

Itulah perbedaan antara TikTok lite dengan TikTok biasa yang perlu Anda ketahui.