Cara Menggunakan Google Maps di Android untuk Dapat Hasil Akurat 

Dalam aktivitas sehari-hari masyarakat sangat dibantu oleh keberadaan teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat juga dapat membantu saat mencari lokasi atau dapat memberikan petunjuk arahnya. Untuk kamu yang sering mengemudi, Google Maps akan sangat berfungsi untuk penunjuk perjalanan kamu. Google memberikan layanan ini secara gratis di smartphone Android dan inilah cara menggunakan Google Maps agar lokasi yang didapat lebih akurat.

Cara Menggunakan Google Maps
Youtube.com

Cara Menggunakan Google Maps di Android untuk Dapat Hasil Akurat 

Aplikasi Google Maps akan sangat membantu penggunanya untuk memberikan petunjuk arah, terlebih untuk kamu yang sering tidak tahu arah. Cara penggunaan dari aplikasi ini juga tergolong mudah tentunya harus memahami berbagai menu di dalamnya. Untuk kamu yang masih asing dan belum tahu cara menggunakan Google Maps di Android, simak pembahasan di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Google Maps 

Bagaimana jika penunjuk arah ini hanya berfungsi sebagai peta saja, pastinya kamu akan sedikit-sedikit melihat peta dan menggeser wilayahnya. Hal ini bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi dan sangat membahayakan. Berikut ini beberapa keuntungan saat kamu menggunakan Google Maps sebagai panduan arah mengemudi.

  • Google Maps akan membantu memilih rute terbaik.
  • Terdapat panduan suara yang akan sangat membantu.
  • Tampilan layarnya fokus ke perjalanan dan lebih dekat serta menyesuaikan.
Baca Juga :  Cek Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Legal Terbaik di Indonesia

Keuntungan ini akan mempermudah kamu ketika mengemudi, terlebih dengan adanya panduan suara.

Setelan Google Maps untuk Mengemudi 

Sebelum menggunakan Google Maps untuk mengemudi, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu atur, diantaranya:

  • Nyalakan fungsi GPS di ponsel Android kamu.
  • Kemudian bisa ubah bahasa sesuai yang kamu pahami, bahasa yang berada di aplikasi ini mengikuti bahasa di ponsel kamu.
  • Mengatur fungsi panduan suara yang berada di menu Setelan.
  • Kamu juga bisa mengetes panduan suara.
  • Selain itu bisa juga atur deteksi fitur OK Google.

Ini dia hal cara menggunakan Google Maps sebagai panduan arah saat mengemudi.

Menentukan Tujuan 

Pertama-tama kamu bisa menentukan tujuan lalu membuka aplikasi Google Maps. Setelah itu, kamu akan disuguhi dengan tampilan berupa kolom yang harus terisi dengan alamat titik awal keberangkatan dan alamat tujuan yang ingin kamu cari. Caranya dengan mengetikkan alamat titik awal keberadaan dan kemudian ketik juga alamat tujuan.

Memilih Transportasi yang Digunakan 

Setelah selesai memasukkan alamat titik awal dan alamat tujuan, kamu dapat memilih beberapa pilihan transportasi yang akan kamu gunakan. Pemilihan transportasi ini akan membantu Google Maps untuk tahu estimasi waktu tempuh dengan kendaraan yang kamu gunakan.

Baca Juga :  Aplikasi Tes DNA Hasil Valid, Coba 7 Rekomendasi Berikut

Karena berkendara antara menggunakan motor akan berbeda waktu tempuhnya dengan menggunakan mobil. Pilihan kendaraan yang ada di aplikasi ini ada transportasi umum, jalan kaki, bersepeda, mengemudi mobil, transportasi online, dan pilihan jalur alternatif.

Setelah itu, Google Maps akan menampilkan rute terbaik yang ada di dalam peta. Di dalam rute tersebut akan ada garis biru yang menjadi rute tempuh kamu dan ada garis abu-abu yang merupakan rute alternatif. Rute alternatif ini akan menempuh waktu lebih lama dibandingkan dengan garis biru.

Tekan Opsi Mulai untuk Memulai Perjalanan 

Kemudian kamu bisa memulai perjalanan dengan Google Maps yang juga akan mengikuti langkah jalanmu. Kamu cukup ikuti arahan peta untuk berada di jalan yang benar. Jika kamu melangkah berlawanan dengan rute peta, maka peta akan mengikuti arahmu dan secara langsung mengubah rute sesuai dengan langkahmu hingga tujuan.

Itulah cara menggunakan Google Maps di ponsel Android agar mendapatkan hasil yang akurat. Google Maps ini dapat membantu kegiatan sehari-hari. Terlebih fiturnya yang simpel dan mudah.