Cara Download Driver Printer Epson L310 Untuk Windows & Mac

Setiap perangkat keras yang terhubung dengan komputer, pasti membutuhkan driver agar bisa dijelaskan. Mulai dari keyboard, mouse, dvd, ram, hingga printer. Nah, untuk kali ini, akan dibahas seputar driver Epson l310 dan juga cara untuk mendownloadnya.

Baca Juga : Download Template PPT Keren, Gratis Dan Versi Terbaru!

Biasanya driver ini sudah tersedia dalam paket pembelian printer l310. Namun jika kamu membeli printer bekas, tidak jarang penjualnya tidak memberikan dvd driver yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu perlu download printer Epson l310 sendiri di internet.

Apa Itu Driver Printer Epson l310?

Driver untuk Epson l310 adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan secara resmi oleh Epson agar para penggunanya bisa lebih mudah dalam mengontrol berbagai macam fungsi dari printer melalui komputer atau laptop.

Tentu saja, tanpa adanya driver ini printer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, menginstall driver adalah sebuah hal yang wajib dilakukan sebelum printer tersebut digunakan untuk mencetak. Seperti yang tadi telah dikatakan, Epson sebenarnya telah menyediakan dvd driver dalam boks pembelian.

Namun apa daya jika DVD driver yang dibutuhkan telah hilang, atau bahkan kamu tidak memilikinya karena membeli printer bekas. Mungkin tidak ada cara lain selain mendownload Epson l310 driver sendiri di internet, dan menginstallnya.

Epson l310 sendiri termasuk dalam printer yang biasanya digunakan oleh usaha percetakan mikro dan pengguna rumahan. Tidak hanya harganya yang tergolong terjangkau, printer yang satu ini juga mampu memberikan kecepatan mencetak sampai 9,3 ipm.

Selain itu, printer ini juga memungkinkan untuk mencetak gambar dengan resolusi mencapai 4750 x 1440 dpi. Hal ini akan memberikan hasil pencetakan yang terlihat lebih halus. Sedangkan dalam hal daya, printer ini hanya memakan daya sebesar 10 watt saja pada saat aktif dan 2,2 watt dalam posisi standby.

Jenis Driver l310

Printer Epson L310

Berbeda dengan beberapa seri Epson yang lain seperti l360, driver untuk printer epson l310 ini hanya dibekali dengan driver untuk mencetak saja. Ini dikarenakan l310 memang diciptakan hanya untuk sekedar mencetak atau print saja, bukan tugas-tugas yang lain

Sebenarnya jenis driver untuk l360 biasa digunakan untuk semua Windows mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, dan Windows 7. Hanya saja, yang membedakannya adalah antara versi Windows 32-bit atau yang 64-bit.

Baca Juga :  Cara Setting Bahasa Pada Laptop Atau Komputer Ke Bahasa Indonesia

Jadi jangan salah menggunakan versi Windows, karena driver tidak akan bekerja pada versi Windows yang berbeda. Misalnya saja kamu download driver untuk Windows 32-bit, namun diinstall pada OS Windows 64-bit. Tentu saja driver tersebut tidak akan bisa diinstall, dan printer tidak bisa digunakan.

Selain itu, epson l310 driver untuk OS Windows dan Mac juga berbeda. Driver printer Mac tidak akan bisa digunakan pada OS Windows, dan begitupun pula dengan sebaliknya. Jadi perhatikan dengan baik driver yang akan didownload sebelum kamu mendownload dan menginstallnya.

Epson l310 Driver Download dan Install untuk Windows

  • Driver Printer Epson l310 untuk Windows

Nah, setelah kamu membaca dan memahami beberapa informasi yang ada di atas, kini saatnya untuk segera download epson l310. Jika kamu tidak tahu caranya dan juga situs yang harus dikunjungi, maka simak langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi web browser di laptop atau PC kamu, kemudian akses situs resmi dari Epson yakni co.id.
  2. Jika halaman situs sudah terbuka, klik pada kolom pencarian yang disediakan dan ketik kata kunci epson l310 driver”.
  3. Nantinya akan muncul banyak produk yang terkait dengan kata kunci tersebut.
  4. Untuk mempermudah pencarian, silahkan klik untuk mencentang opsi Printer pada kolom Filter di bagian Product By Type.
  5. Nah, pada hasil pencarian akhir, silahkan pilih tipe l310 yang kamu gunakan dengan mengklik tombol Support.
  6. Ketika halaman berikutnya sudah terbuka, klik pada kotak downloads.
  7. Lalu pada bagian Operating System, kamu perlu menentukan jenis Windows yang digunakan. Ingat jangan sampai salah memilih versi Windows yang kamu gunakan.
  8. Selanjutnya, klik pada tombol GO yang ada di bagian kanannya.
  9. Terakhir, klik tombol download yang ada di bagian kanan bawah halaman.
  10. Tunggu hingga proses download driver printer ini benar-benar selesai.
  • Cara Menginstallnya

Setelah proses download driver printer epson l310 selesai, maka hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menginstall driver tersebut. Untuk tahap-tahap yang perlu dilakukan, simak penjelasan sebagai berikut ini.

  1. Apabila printer sedang dalam keadaan terhubung dengan PC atau laptop dengan kabel, maka lepaskan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, buka file driver printer yang tadi sudah didownload dengan mengklik kanan file dan memilih Run As Administrator.
  3. Jika jendela driver sudah terbuka, silahkan pilih bahasa yang ingin kamu gunakan dan klik OK.
  4. Ikuti setiap petunjuk yang diberikan seperti “next > next > install”.
  5. Terakhir, klik finish dan cobalah printer kamu.
Baca Juga :  Berrybenka : Tempat Berbelanja Baju Fashion Online Indonesia

Cara Download Driver Printer Epson L310

Epson l310 Download dan Install Driver untuk Mac

  • Driver Printer Epson l310 untuk Mac

Menurut update terakhir, website resmi Epson tidak menyediakan driver untuk Epson l310 entah apa alasannya. Namun tidak perlu khawatir, bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Mac, bisa menggunakan alternatif link seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Tahap pertama, silahkan buka aplikasi web browser dan kunjungi situs com.
  2. Jika halaman utama web sudah terbuka, klik pada menu Epson yang ada di bagian atas.
  3. Kemudian tulislah kata kunci Epson l310 pada kolom pencarian yang telah disediakan.
  4. Nantinya akan muncul beberapa rekomendasi terkait driver yang sedang kamu cari.
  5. Nah, klik untuk membuka rekomendasi yang pertama atau paling atas.
  6. Perhatikan pada bagian Apple Mac, klik tombol download yang ada di kanan tulisan printer driver.
  7. Dengan ini maka proses download driver printer akan berjalan, dan tunggu hingga selesai.
  • Cara Install

Sama halnya seperti pada sistem operasi Windows, kamu juga perlu menginstall driver ini agar printer dapat bekerja. Walaupun cara instalasinya hampir sama, namun kamu tetap harus mengikuti langkah-langkah berikut ini agar tidak ada kesalahan.

  1. Pertama, buka folder dimana file driver printer disimpan.
  2. Setelah itu, klik untuk membuka file driver tersebut.
  3. Kemudian pilihlah bahasa yang akan digunakan, dan klik OK.
  4. Jika muncul jendela lisensi, centang pada kotak setuju atau accept, dan klik OK
  5. Setelah itu, klik pada tombol install dan tunggu beberapa saat.
  6. Apabila muncul pemberitahuan keberhasilan instalasi, klik OK.

Mungkin hanya itu sedikit penjelasan singkat mengenai cara install dan download driver epson l310 untuk platform Windows dan Mac. Hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik, adalah pemilih driver untuk versi sistem operasi yang digunakan.