Aplikasi SDGs Desa: Solusi Pembangunan Berkelanjutan Di Tingkat Desa

Berkembangnya teknologi membuat informasi bisa diterima dengan mudah berkat bantuan internet. Kemajuan zaman ini dimanfaatkan tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat biasa, namun juga oleh pemerintah sekalipun. Salah satunya adalah dengan hadirnya Aplikasi SDGs Desa.

Mengenal Aplikasi SDGs Desa

Aplikasi SDGs Desa merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia bertujuan untuk membantu masyarakat desa mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, sesuai dengan namanya yaitu “SGDs” (Sustainable Development Goals).

Fitur Aplikasi SDGs Desa

Fitur utama yang dimiliki Aplikasi SDGs Desa adalah pembuatan laporan desa mulai dari data statistik desa seperti jumlah penduduk, jumlah rumah tangga, dan hingga tingkat kemiskinan. Sedangkan fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini antara lain pembuatan rencana aksi desa, monitoring, dan evaluasi kinerja desa, hingga pembuatan laporan keuangan desa.

Meski diakses dengan internet, Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengelola data desa secara offline. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sedang di daerah yang tidak memiliki akses internet. Sehingga, Anda bisa mengolah data secara offline dan mengirimnya ke server saat ada koneksi internet.

Siapa Saja Yang Bisa Memakai Aplikasi?

Aplikasi ini bisa dipakai siapa saja. Mulai dari pemerintah desa, masyarakat desa, hingga pihak-pihak lain yang membutuhkan data desa.

Baca Juga :  5 Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu, Hasilnya Berkualitas

Bagi pemerintah desa, aplikasi ini dipakai untuk mengelola data desa serta mengevaluasi kinerja desa untuk mencapai tujuan SDGs. Bagi masyarakat desa, aplikasi ini dipakai untuk mengetahui informasi desa seperti jumlah penduduk, jumlah rumah tangga, hingga tingkat kemiskinan. Bagi pihak lainnya seperti organisasi non-pemerintah dan perusahaan, aplikasi ini dipakai untuk mengetahui kondisi desa sebelum memulai kerja sama dengan desa terkait.

Tujuan Dibuatnya Aplikasi

Aplikasi buatan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) ini memiliki berbagai tujuan. Di antaranya:

1. Memudahkan Pengelolaan Desa

Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang dipakai untuk mengelola berbagai data desa. Sehingga, pengelolaan dan pengarsipan data dapat tertata dengan lebih baik lagi meskipun berada di tingkat desa sekalipun. Selain itu, penggunaan internet di sini juga membuat aplikasi ini praktis dan bisa dipakai dengan mudah.

2. Transparansi Data

Seluruh data desa yang ada di Aplikasi dapat diakses siapa saja tanpa terkecuali. Sehingga, siapapun bisa menggunakan data tersebut untuk berbagai hal. Misalnya perencanaan program desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca Juga :  Daftar Aplikasi Merubah Wajah Yang Lagi Viral, Udah Tahu?

3. Mengurangi Kemiskinan

Dengan adanya aplikasi, pemerintah desa bisa mencatat jumlah penduduk miskin dan mengevaluasi kinerja desa dengan mudah untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mencatat berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di tingkat desa.

4. Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Lebih Baik

Dengan Aplikasi ini, pemerintah desa bisa mencatat jumlah penduduk yang memiliki akses terhadap layanan kesehatan dengan mudah, kemudian mengevaluasi kinerja desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat desa. Selain itu, Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mencatat berbagai program pemberdayaan kesehatan masyarakat desa yang bisa membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat penting bagi pemerintah desa dalam pengelolaan data desa untuk mencapai tujuan SDGs. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan pemerintah desa dalam mengelola data desa, mengevaluasi kinerja desa, dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya mencapai tujuan SDGs.