Aplikasi SatuSehat yang Dihadirkan Kemnakes, Mari Kenali Lebih Jauh

Aplikasi SatuSehat jadi sorotan karena merupakan alih fungsi dari Peduli Lindungi yang populer sejak pandemi covid 19 silam. Anda perlu mengetahui tentang aplikasi ini sebelum membutuhkannya nanti.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Peduli Lindungi berwarna biru muda, bukan? Dahulu ketika bepergian kita wajib melakukan scan untuk memastikan kondisi kesehatan. Nah, namun karena pandemi sudah dinyatakan berakhir, aplikasi ini mulai tidak digunakan lagi.

Hingga pada akhirnya, Kementerian Kesehatan mencanangkan upgrade guna melanjutkan dari program digitalisasi yang memudahkan para warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan lebih efisien. Dengan demikian, hadirlah aplikasi terbaru yang satu ini. Mari kita bahas aplikasi terbaru untuk mempermudah pelayanan kesehatan satu ini.

Aplikasi SatuSehat
freepik.com

Aplikasi SatuSehat yang Dihadirkan Oleh Kemnakes

Mari kita kenali dahulu tentang aplikasi terbaru ini. Pada dasarnya, platform SatuSehat ini memang sengaja dihadirkan secara khusus untuk menghubungkan data kesehatan pribadi secara lengkap. Dengan begitu, maka secara otomatis penggunanya bisa memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes secara elektronik atau RME.

RME alias Rekam Medis Elektronik ini jelas membantu sekali dalam pencatatan data melalui standar yang berlaku. Integritasnya sudah tidak perlu diragukan sama sekali untuk diandalkan. Pengelolaan dari masing-masing sistem tersebut jelas memudahkan bagi penggunanya.

Baca Juga :  10+ Daftar Situs Download Film Resmi Terbaru & Terlengkap!

Dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang berhubungan dengan kesehatan. Kita bisa mendapatkan layanan yang berhubungan dengan kesehatan secara maksimal tentu saja.

Mereka gunakan tagar #TetapSEHAT #MakinSEHAT #GakCumaCOVID19. Peralihan masa ini dari pandemi ke setelah pandemi diharapkan tetap memberikan dampak terhadap masyarakat yang sadar akan kesehatan. Bahwa pada dasarnya kita tetap perlu menjaga kesehatan dan kebiasaan sehat di dalam kehidupan sehari-hari.

Akses Data Digital yang Efisien

Aplikasi SatuSehat ini memberikan akses data dan pertukaran informasi mengenai rekam medis secara nasional dengan cara digital. Ini jelas jauh lebih efisien dan praktis sekali untuk digunakan. Integrasi dari bagian laboratorium yang tersedia juga membantu pemeriksaan masyarakat. Mulai dari bagian timur hingga barat, semua bisa mengaksesnya selama merupakan WNI.

Tidak akan perlu lagi data dalam bentuk cetak atau fisik ketika berobat. Pasalnya, data ini bisa langsung diakses melalui aplikasi ini tersebut secara realtime. Nakes yang bertugas pun akan otomatis sangat terbantu tanpa perlu berulang kali menginput data pasien yang masuk ketika datang untuk berobat atau melakukan konsultasi kesehatan.

Bahkan, data ini saling terhubung dan diperbaharui setiap mengecek kondisi. Rekam jejak medis ini bisa langsung diakses meski berpindah tempat berobat, jadi tenang saja.

Baca Juga :  Aplikasi Belajar Online Paling Recommended 2023

Sistem Pencatatan Digital

Aplikasi SatuSehat ini berisikan data lengkap yang membantu Nakes. Mulai dari data angka kematian, angka penyakit tertentu, imunisasi bahkan update terdeteksinya secara real-time.

Pencatatan secara konvensional memang sering menghambat dan menghabiskan waktu. Apalagi untuk bidang kesehatan yang membutuhkan proses lebih cepat dan efisien. Nah, dengan kehadiran aplikasi ini tentu saja sangat membantu.

Nantinya, pendaftaran akan bersamaan dengan diagnosis, data prosedur medis, data kondisi vital dan juga diet. Lalu ada juga data dari obat yang diintegrasikan beserta dengan observasi laboratorium dan observasi radiologi.

Apabila orang memiliki data alergi dan kondisi fisik juga akan tertera di sana secara lengkap, layaknya rekam medis yang digunakan di standar kesehatan. Oleh karena itulah perlahan data secara digital ini akan lebih membantu dan bisa diandalkan.

Meskipun seseorang berpindah tempat tinggal dan terpaksa beralih dokter juga tidak perlu khawatir sama sekali akan riwayat kesehatan dan data yang tercantum tersebut.

Bahkan, kementerian juga telah mempersiapkan aplikasi SatuSehat tersebut supaya bisa terkoneksi dengan wearable device. Wearable device ini merupakan perangkat teknologi yang dikombinasikan dengan pakaian atau aksesoris, misalnya smart watch.