Aplikasi Google Drive di Smartphone Serta Keuntungan Menggunakannya

Penggunaan aplikasi Google Drive untuk server cloud meningkat di seluruh dunia. Meskipun ada banyak server cloud lain yang bagus, Google Drive masih banyak digunakan.

Selain itu, perkembangan ponsel Android semakin meningkat pesat dengan getolnya Google dalam memperbarui semua fitur aplikasinya. Pun demikian, sebuah aplikasi tetap menyimpan kelebihan bahkan kekurangan, tak luput juga Google Drive.

Aplikasi Google Drive
unsplash.com

Fitur Aplikasi Google Drive Memiliki Keunggulan dan Kekurangan

Secara lebih mendetail, Google Drive hadir sebagai salah satu fitur yang banyak sekali manfaatnya. Sebagai cloud storage terkemuka saat ini, Google Drive menawarkan banyak sekali keunggulan dari fitur-fiturnya seperti di bawah ini.

Dapat Menyimpan File dalam Berbagai Format

Keuntungan utama menggunakan Google Drive adalah memungkinkan Anda menyimpan berbagai file dalam format yang berbeda. Google drive mendukung banyak ekstensi file seperti dokumen, foto, video, audio, dan bahkan file yang disandikan atau dienkripsi. Ini sangat berguna untuk menyimpan berbagai jenis data pada satu ataupun multi perangkat.

Sharing File Dengan Mudah dan Fleksibel

Tidak hanya mendukung banyak ekstensi file, dengan Google Drive pengguna dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain. Hanya dengan menambahkan akses dan mengirimkan link dari file sharing tersebut, maka file sudah dapat diakses dan diedit oleh beberapa pengguna.

Untuk lebih mudah lagi, pastikan masing-masing pengguna yang akan dibagikan akses merupakan pengguna alamat email dari Gmail.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Game Tebak Kata, Bisa Mengasah Otak

Sebagai Media BackUp Data Smartphone

Fitur yang tidak kalah penting dari Google Drive adalah memungkinkan pengguna menjadikan Google Drive sebagai media cadangan data (backup). Misalnya, jika pengguna mengambil foto dengan ponsel, gambar dapat secara otomatis tersimpan dan diakses dari Google Drive.

Selain dapat menyimpan foto, Google Drive juga dapat menyimpan data WhatsApp. Ya, User dapat menyimpan banyak pesan dan file yang dikirim melalui WhatsApp. Dengan cara ini tidak perlu khawatir merusak ponsel atau kehilangan data pesan WhatsApp saat beralih ke ponsel baru. Bahkan data aplikasi dan riwayat aplikasi yang terinstall pun dapat disimpan dengan mengaktifkan fitur backup ke Google Drive.

Kekurangan Aplikasi Google Drive

Dalam penggunaan suatu aplikasi di smartphone Anda, selain memiliki berbagai keunggulan, juga terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu, ketahui beberapa kekurangan fitur Google Drive ini, supaya Anda lebih jauh mengenalnya dengan baik.

Penggunaannya Sangat Bergantung pada Konektivitas Internet

Kita ketahui Google Drive menggunakan sistem cloud, sehingga sudah pasti dalam mengaksesnya memerlukan koneksi internet. Untuk masuk ke Google Drive, perangkat harus selalu tersambung ke internet.  Singkat kata, aplikasi ini tidak dapat digunakan saat ponsel sedang dalam keadaan Offline.

Privasi dan Keamanan Data Tidak Dijamin Aman 100%

Teknologi cloud menimbulkan risiko terhadap keamanan data pengguna. User tidak bisa begitu saja mempercayai Google untuk melindungi data dan privasi penggunanya 100%. Selalu ada peluang yang dapat digunakan penyerang untuk mencuri data pengguna dari Google Drive. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan beberapa file di Google Drive dengan sensitivitas rendah.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Maps di Android untuk Dapat Hasil Akurat 

Update Aplikasi yang Semakin Memakan Storage Besar

Hal ini sudah bukan merupakan rahasia lagi. Hampir semua pembaruan aplikasi terbaru yang menawarkan pembaruan fitur sudah pasti size dari aplikasi juga akan meningkat. Mungkin permasalahan ini tidak akan begitu terasa untuk smartphone level mid range hingga flagship. Sayangnya, masalah ini akan sangat mengganggu pada ponsel entry level yang notabene dengan RAM dan storage internal terbatas.

Harus Berlangganan Untuk Mendapatkan Kapasitas Lebih Besar

Perlu diketahui, Google Drive tidak sepenuhnya gratis. Memang benar, semua pengguna akun Google akan mendapat 15GB secara gratis. Namun, untuk dapat menggunakan kapasitas yang lebih besar, pengguna diwajibkan untuk membayar lebih guna mendapatkan kapasitas yang jauh lebih besar. Untuk kapasitas 100 GB pengguna perlu membayar Rp 26.900 / bulan, 200 GB sebesar Rp 43.000 / bulan, sedangkan untuk 2 TB sebesar Rp 135.000 / bulan.

Selain aplikasi Google Drive, banyak di luar sana media penyimpanan cloud yang menawarkan fitur serupa. Namun untuk sementara ini, google drive masih menjadi idaman pengguna layanan cloud storage era ini. Selain mudah diakses di banyak perangkat, Google Drive jelas menawarkan banyak fitur relevan dengan kehidupan para penggunanya.