Aplikasi Analisis Data untuk Manajemen Data Terbaik Perusahaan Anda

Aplikasi analisis data bagi suatu perusahaan memanglah merupakan bagian penting yang wajib ada. Dalam dunia bisnis saat ini, membuat dan mentransfer data dalam jumlah besar seringkali merupakan proses yang berkelanjutan. Dari perspektif bisnis, ada banyak peluang untuk memanfaatkan jumlah data ini, tetapi bagaimana kita dapat mengubah data menjadi sesuatu yang bermanfaat? Jawabannya adalah penggunaan fitur yang bermanfaat pada aplikasi ini.

Business Intelligence mengacu pada solusi pengumpulan dan agregasi data yang juga memiliki proses statistik. Buat visualisasi data, identifikasi trend dan wawasan yang tersembunyi dalam data, serta bantu pengguna membuat keputusan yang tepat.

Aplikasi Analisis Data Terbaik yang Dapat Digunakan Sesuai Kebutuhan

Rekomendasi Aplikasi Analisis Data Terbaik

Perangkat lunak statistik atau perangkat lunak untuk analisis statistik akan mengacu pada alat yang membantu pengumpulan statistik dan analisis data. Analisi data sering menggunakan metode analisis statistik seperti analisis regresi dan analisis deret waktu.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, beberapa perusahaan telah menerapkan proses ini menggunakan software analisis data. Namun, alat analisis data tidak dapat digunakan sembarangan, pada dasarnya, analisis data mengacu pada proses penggalian dan penggunaan data mentah menggunakan sistem komputer khusus.

SPSS Statistik

Aplikasi analisis data, SPSS adalah perangkat lunak IBM yang dapat dengan cepat memproses kumpulan data besar dan memberikan wawasan untuk keputusan penelitian. Menurut situs web IBM, 81% pengulas menganggap SPSS mudah digunakan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Edit Background Foto di HP, Pilihan Praktis untuk Dicoba

Itu juga dapat memperkirakan dan menemukan nilai yang hilang dalam kumpulan data, memungkinkan pelaporan yang lebih akurat. Karena sistemnya open source, pengguna dapat memperluas sintaks SPSS menggunakan R dan Python melalui pustaka IBM Extension Hub dengan lebih dari 100 ekstensi gratis atau membuat program sendiri.

SAS/STAT

Ini adalah platform berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan analisis statistik dan alat serta metode visualisasi data. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan analitis khusus, aplikasi ini digunakan oleh analis bisnis, ahli statistik, ilmuwan data, peneliti, dan insinyur terutama untuk pemodelan statistik.

Menjalankan beberapa fungsi secara bersamaan, yang meningkatkan efisiensi dan stabilitas program. Pengguna dapat membuat dengan mudah ratusan grafik bawaan dan grafik statistik yang dapat disesuaikan, SAS memberi pengguna kebebasan untuk bereksperimen.

Stata

Aplikasi analisis data, Stata adalah solusi statistik yang dirancang untuk ilmuwan data untuk pemrosesan data, penelitian, analisis statistik, dan visualisasi. Dengan antarmuka pengguna grafis dan struktur baris perintah.

Stata tersedia untuk pengguna dengan atau tanpa pemrograman, ini biasanya digunakan oleh para peneliti di berbagai bidang termasuk pendidikan, medis, ekonomi, politik, sosiologi, dan pemasaran. Keuntungannya aplikasi ini dapat disesuaikan, pengguna dapat menyesuaikan margin, ukuran teks, dan elemen lainnya.

Baca Juga :  5 Aplikasi Pemotong Video untuk Smartphone Android

Minitab

Minitab adalah aplikasi statistik yang menyediakan visualisasi data, analisis statistik, dan analisis data untuk membantu para pengguna meningkatkan pengambilan keputusan berdasarkan data. Aplikasi ini dapat menganalisis semua jenis kumpulan data, dari angka kecil hingga besar, dan juga mengotomatiskan perhitungan statistik untuk pemetaan, memungkinkan pengguna lebih fokus terkait tentang analisis data.

Minitab memungkinkan para pengguna untuk menyesuaikan menu, bilah alat, pintasan, profil, dan kemampuan skrip makro yang kuat. Minitab saat ini hanya dapat diinstal di Windows atau mac OS, aplikasi ini cukup bisa diandalkan dalam analisis data.

Tableau

Di garis depan analisis data adalah Tableau, perangkat lunak dengan kemampuan data besar yang tak terbantahkan. Seperti diketahui, tugas big data adalah mengumpulkan dan mengolah data pelanggan agar pengusaha bisa mengetahui kebutuhan konsumen dan lebih dekat dengan mereka.

Aplikasi analisis data Tableau sebagai alat big data, Tableau dapat menggabungkan data dari berbagai sumber. Hasil pengolahan data secara tabular pun beragam, bisa berupa visualisasi data berbentuk chart dan dashboard.