6 Aplikasi Yang Menggunakan Kecerdasan Buatan, Layanannya Memanjakan Pengguna

Belakangan ini istilah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan makin sering dibicarakan. Bahkan, banyak aplikasi yang telah mengadopsi AI untuk menghadirkan pengalaman yang lebih natural dan maksimal bagi para penggunanya.

Sebut saja aplikasi Google Maps yang merupakan program navigasi digital. Dengan memanfaatkan algoritma, Google Maps dapat menyarankan rut eke tempat tujuanmu. Berkat penggunaan AI, aplikasi ini juga mampu menampung seluruh peta dan rute yang ada di dunia.

Selain Google Maps, masih banyak aplikasi yang sebenarnya menggunakan Artificial Intelligence. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang menyadari hal tersebut. Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang menggunakan AI untuk memaksimalkan layanannya. Ada yang jadi favoritmu?

Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence

1. Netflix

Siapa yang tak tahu aplikasi ini? Netflix menjadi sangat populer dan telah diunduh oleh pengguna dari berbagai negara. Aplikasi streaming film dan serial online ini memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal bagi penggunanya.

Salah satunya adalah melalui content-on-demand yang bisa memprediksi film dan serial yang disukai oleh penggunanya. Dengan bantuan AI, Netflix memberikan rekomendasi berdasarkan film yang kamu tonton dan kamu sukai di platform ini.

Baca Juga :  Harga Toyota Fortuner Saat Ini Yang Harus Kalian Ketahui

2. Amazon

Amazon jadi salah satu situs e-commerce terbesar yang menyediakan berbagai produk. Setiap harinya kamu bisa mencari produk perlengkapan rumah tangga, buku, fashion, hingga peralatan elektronik melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini memanfaatkan AI untuk memberikan rekomendasi di berandamu berdasarkan produk-produk yang sering kamu cari. Seiring berjalannya waktu, algoritma aplikasi ini makin berkembang sehingga mampu memberikan rekomendasi secara akurat.

3. Siri

Pengguna perangkat Apple pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Siri. Siri merupakan aplikasi yang didesain menjadi asisten pribadi sehingga mampu membantu pengguna untuk menyelesaikan banyak hal.

Siri punya kemampuan yang luar biasa berkat pemanfaatan AI, di antaranya adalah mengirim pesan, menelepon, menjadwalkan pertemuan, dan masih banyak lagi. Dalam aplikasi ini, AI mampu mengubah perintah pengguna menjadi tindakan yang memudahkanmu dalam aktivitas sehari-hari.

4. Gmail

Aplikasi berikutnya yang menggunakan kecerdasan buatan adalah Gmail. Berkat penggunaan Artificial Intelligence, aplikasi ini mampu menganalisis dan mempelajari jenis-jenis email yang tidak kamu inginkan. Email-email ini nantinya akan secara otomatis dimasukkan ke dalam spam.

Berkat pemanfaatan AI semacam ini, Gmail mampu melindungi penggunanya dari email yang mencurigakan dan malware. Menariknya, aplikasi ini tengah mengembangkan fitur Smart Reply yang memungkinkan Gmail untuk membalas pesan dengan gaya dan bahasa yang mirip dengan penggunanya.

Baca Juga :  Aplikasi Kamus Bahasa Arab Terlengkap Belajar Jauh Lebih Mudah

5. Spotify

Aplikasi streaming lagu, Spotify, juga menggunakan kecerdasan buatan untuk menghadirkan layanan yang maksimal bagi para penggunanya. AI bekerja dengan mengenali selera musik kamu melalui lagu-lagu yang sering kamu dengarkan. Sebab itulah, aplikasi ini dapat merekomendasikan jenis-jenis musik yang mungkin kamu suka.

Selain itu, Spotify juga membuatkan playlist mingguan untukmu berdasarkan musik yang kamu dengarkan di aplikasi ini. Lebih lanjut, Spotify juga memberikan rekomendasi genre musik yang belum pernah kamu dengar sebelumnya untuk menghadirkan sesuatu yang fresh.

6. Google Translate

Perkembangan Teknologi Terakhir, ada aplikasi Google Translate yang juga memanfaatkan Artificial Intelligence. Meskipun hasil terjemahannya tidak selalu akurat, tapi aplikasi ini akan meningkatkan hasilnya seiring dengan penggunaan yang makin sering.

Selain 6 aplikasi di atas, masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan dan memberikan pengalaman yang lebih personal.